Wednesday, April 4, 2012

Makalah PTIK BSI


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Saat ini kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari web.Bahkan sudah menjadi salah satu bagian kebutuhan yang sifatnya mendapatkan informasi.Web yang pada awalnya asing didengar dan hanya dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki akses tertentu, saat ini web sangatlah  popular dan mudah diakses, bukan hanya dikota tetapi juga telah menjangkau pelosok desa.Tapi tahukah kita bagaimana sejarah web itu..
Berbicara sejarah web, maka kita akan menyinggung juga keberadaan jaringan internet.Keduanya merupakan bagian yang saling berkaitan dan saling  mendukung.Web tidak akan semakin popular tanpa adanya perkembangan internet.Semakin tinggi teknologi internet yang diterapkan,berbanding lurus dengan perkembangan teknologi web pula. Karena keberadaan jaringan internet layaknya landasan yang mampu membuat web bias berjalan.
Internet sendiri awal berkembang pada tahun 1970, digunakan agar dua computer atau lebih bisa melakukan komunikasi dan bertukar informasi.Pada saat itu pun perkembangan teknologi internet digunakan dilingkungan angkatan bersenjata Amerika Serikat.Perlahan penerapan jaringan internet merambah kedunia pendidikan, sehinggal lahirlah terus inovasi dalam dunia internet.Salah satunya adalah teknologi web.




 A.    Sejarah Web
Sejarah web, dikembangkan pertama kali oleh Sir Timothy John Tim Berners-Lee, hanya saja pada saat itu web masih berjalan tanpa terhubung jaringan.Web semakin popular ketika mulai terhubung jaringan internet, yaitu pada akhir tahun 80-an. Saat itu laboratorium CERN berlokasi dikota Geneva, Swiss menyatakan bahwa web bisa diakses melalui jaringan dan dimiliki oleh siapa saja.
Sejarah web juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi computer. Karena pada awalnya tampilan web sangatlah sederhana, hanya menampilkan teks, lalu untuk hyperlink (link) pada saat itu masih menggunakan tampilan nomor yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya.Pada saat itu pun,teknologi web dikembangkan dan berjalan pada system operasi Unix, masih sangat jarang yang menggunakan teknologi windows. Andaipun ada, teknologi windows masih sangat sederhana.

B.     Perkembangan Teknologi Web
Dengan semakin beragamnya tampilan dan penerapan teknologi berbasis desktop mendorong perkembangan teknologi sejarah web, baik berupa teknologi tampilan ( GUI-Graphical User Interface ), teknologi browser, teknologi bahasa yang digunakan untuk mengembangkan web, platform web dan beragam teknologi web lainnya.Seiring waktu keberadaan web pun semakin meledak.Dari hanya berjumlah ribuan, sehingga mencapai jumlah jutaan nahkan milyaran. Fungsinya pun semakin berkembang, bukan hanya sebagai media bertukar informasi, tapi juga mewujud berupa aplikasi system informasi berbasis web.Dalam sejarah web, web browser digunakan sebagai media untuk berselancar dan browser yang pertama kali popular digunakan adalah Internet Explorer. Internet Explorer digunakan sebagai aplikasi untuk mengakses webb melalui computer.Seiring peerkembangan saaat ini sudah tersedia beragam web browser selain Internet Explorer, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera dan sebagainya. Untuk bahasa pemograman yang pada awalnya hanya terdapat beberapa bahasa saaat ini sudah beragam.Salah satu bentuk bagian perkembangan sejarah web, lahir defifnisi web pada akhir tahun 90-an, yaitu yang disebut web 2.0. Web 2.0 ini didefinisikan sebagai web yang berfungsi kolaboratif, informative, dengan tujuan membuat pengguna  semakin dekat, salah satu cirinya ditandai dengan hadirnya wiki, blog, social network.
Bertolak dari sejarah web yang masih sangat sederhana digunakan, saat ini akses web bukan hanya dapat digunakan melalui computer melainkan juga sudah mengjangkau hingga berbasis mobile. Baik berupa laptop, netbook, smartphone hinggal handphone. Dengan begitu kemudahan akses web melalui beragam media mana saja, semakin membuat web bagian dari kebutuhan hidup masyarakat secara luas.

C.    Desain dan Pembutan Web
Pada saat ini, membuat dan mendesain sebuah website bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan. Karena sudah banyak software yang bisa digunakan untuk membuat website. Diantaranya yang paling popular saat ini adalah Dreamweaver. Tapi ada satu software Web Editor yang mungkin tidak begitu familiar di telinga kita, tapi memiliki fitur yang cukup lengkap. Software ini bernama KompoZer. Versi terbaru nya adalah 0.8b3.
            Software ini tampilannya cukup user friendly, sehingga memudahkan kita dalam membuat sebuah web, bahkan bagi pemula yang baru belajar membuat web pun tidak akan kesulitan menggunakan software ini.Selain itu,ukuran filenya pun sangat kecil bila dibandingkan dengan software sejenis.
            Meskipun KompoZer merupakan software berjenis WYSIWYG (What You See Is What You Get) atau apa yang anda lihat adalah apa yang anda dapatkan tapi kita bisa melihat script HTML/PHP – nya, berdasarkan tampilan web yang kita buat di jendela editor.

1.2.Identifikasi Masalah

      Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dapat diidentifikasikan beberapa masalah sebagai berikut :
1.      Mengapa Mendesain web itu tidaklah susah ?
2.      Mengapa mendesain web menggunakan KompoZer ?


1.3.Perumusan Masalah

Permasalahan dalam pembahasan ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Bagaimana cara memulai menggunakan KompoZer?
2.      Bagaimana cara membuat sebuah table?
3.      Bagaimana cara menambah sebuah teks?
4.      Bagaimana cara menambah sebuah gambar pada KompuZer?
5.      Bagaimana cara menambah sebuah link?


 

BAB II
LANDASAN TEORI

A.      Pengetian Teknologi Informasi

            Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai social, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.

1.      Haaq dan Keen
Seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

2.      Martin
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada computer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi mengirim informasi .

B.       Perbedaaan Teknologi Komunikasi dengan Teknologi Informasi

            Teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh sedangkan pada teknologi komunikasi ditekankan pada bagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan sampaikan ketempat tujuan.
            Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan computer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi yang ada.
            Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, system transmisi dan system modulisasi, sehingga suatu informasi dapat sampai dengan cepat dan tepat.


C.      Perkembangan Teknologi Komunikasi

1.      Era Komunikasi Tulisan :
     4.000 Sm Bangsa Sumaria menulis dalam lembaran tanah liat
     Th. 1041 Pi Sheng, di Cina menemukan sejenis alat cetak buku sederhana
     Th. 1241 Tulisan dalam lembaran tanah liat diganti tulisan dalam lembaran metal di Kore
2.      Era Komunikasi Cetakan
      Th. 1456 Guntenberg menemukan alat mesin cetak ( metal ) hand press
      Th. 1833 Penerbitan surat kabar penny press yang pertama, The New York Sun
      Th. 1839 Daguerre menemukan metode fotografi yang praktis untuk surat kabar.
3.      Era Telekomunikasi
     Th. 1844 Samuel Morse mengirim pesan melalui alat telegraph pertama
     Th. 1876 Alexandeg Grahamm Bell mengirim pesan melalui pesawat telepon yang pertama
     Th. 1894 Penemuan film bioskop
     Th. 1895 Guglielmo Marconi mengirim pesan melalui radio
     Th. 1912 Lee Do Forest menemukan ‘vacum tube’
     Th. 1920 Siaran radio pertama oleh KDKA di Pittsburgh, Amerika Serikat
     Th.1941 Siaran TV komersial pertama
4.      Era Komunikasi Interaktif
     Th. 1946 Penemuan mainframe computer, ENIAC dengan 18.00 vacum tubes oleh Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat
     Th. 1847 William Shockley, John Bardeen dan Walter Brattain menemukan pesawat radio transistor
     Th. 1956 Penemuan video tape oleh perusahaan Ampex, Redwood City, Californian, Amerika Serikat
     Th. 1957 Rusia meluncurkan satelit luar angkasa pertama, SPUTNIK
     Th. 1969 pesawat luar angkasa berpenumpang manusia mendarat dibulan, dikendalikan oleh minicomputer yang besarnya 3000 kali kecil dari ENIAC
     Th. 1971 Penemuan microprocessor, sebuah unit pengendali computer ( CPU ) dengan semiconductor chip oleh Ted Hoff
     Th.1975 Pemasaran microcomputer pertama, Altair 8800
     Th. 195 HBO ( Home Box Office ) mulai menyiarkan TV kabel melalui satelit
     Th. 1976 Sesitem teletext pertama diperkenalkan oleh BBC dan ITV di Inggris
     Th. 1977 Qube, System Tv kabel interaktif pertama diperkenalkan oleh Columbus,Ohio,Emerika Serikat
     Th. 1979 Sistem videotext pertama diperkenalkan oleh British Post Pffice, Inggris.

D.      Evolusi Perkembangan TI

a.       Era Komuputerisasi
b.      Era Teknologi Informasi
c.       Era Sistem Informasi
d.      Era Globalisasi Informasi

 


BAB III
PEMBAHASAN

2.1     Mulai menggunakan software KompoZer

             Sebelum kita mulai membuat web, kita install dulu KompoZer 0.8b3 kedalam computer kita. Kita bisa mendapatkannya secara gratis di alamat ini : http://www.kompozer.net/download.php . Ada KompoZer untuk versi Windows, Mac atau Linux. Pilih satu yang sesuai dengan system kita. Kemudian lakukan penginstalan KompoZer 0.8b3 dengan mengikuti langkah-langkah yang ada hingga finish. Sekarang kita sudah bisa memulai membuat sebuah web.
1.      Klik Star
2.      Pilih All Programs
3.      Pilih KompuZer
4.      Klik KompuZer
Sehinggal akan muncul tampilan Seperti dibawah ini.
Gambar 1.1. Tampilan awal KompoZer
2.2    Membuat Sebuah Tabel Pada KompuZer
Tabel merupakan komponen penting dalam membuat tampilan sebuah website. Karena dengan tabel ini maka tampilan web akan lebih rapid an teratur. Didalam tabel tersebut kita bisa mengisinya dengan teks maupun gambar yang tampilannya bisa kita atur sesuai dengan yang kit inginkan.
Langkah-langkah:
1. Klik File | New , di Menu Bar.
2. Klik Insert | Table.
3. Tentukan jumlah kolom yang kita inginkan.
4. Klik Format | Table Cell Properties , untuk mengatur tampilan table.
5. Klik File | Save As , maka akan muncul kotak dialog. Disini anda diminta untuk       
    memberi nama Judul. Misal diisi dengan Webku.
6. Lalu akan muncul kotak dialog lagi untuk member nama file tsb. Misal diisi dengan
   nama Index (INGAT! Nama file harus huruf kecil dan tanpa spasi).
7. Klik Save, maka halaman web pertama sudah jadi.
Gambar 2.1. Membuat Tabel.
Sebagai catatan : Nama file yang tadi kita simpan adalah index.html. File index adalah file utama yang akan tampil ketika kita pertama kali membuka sebuah alamat website. Misalkan kita ingin membuka alamat : http://www.bsi.ac.id , maka sebenarnya alamat yang kita tuju adalah http://www.bsi.ac.id/index.html . Di dalam file index tersebut terdapat navigasi yang bisa menjelajahi semua isi dari sebuah website. Jadi, file index merupakan jendela utama didalam sebuah web.
Sebenarnya kita bisa saja memberi nama file tsb bukan dengan nama index. Tapi hampir di semua web browser, ketika suatu alamat utama kita ketik maka browser tsb akan menuju ke file dengan nama index.html. Maka untuk menghindari kesalahan akses, akan lebih baik bila file jendela utama tadi kita beri nama index.html.

2.3      Menambah Teks Pada KompuZer

Kita bisa menambahkan teks kedalam jendela editor KompoZer. Tampilannya pun bisa kita ubah-ubah sesuai dengan yang diinginkan.
Langkah-langkah:
1. Klik File | Open, klik index.
2. Klik Heading 1 pada baris Toolbar, jika teks ingin diletakkan sebagai header.
3. Klik Body Text, jika kita ingin mengetik isinya.
4. Klik Format | Text Color, jika ingin merubah warna huruf. Jangan lupa untuk
     Memblok teks yang ingin di edit.
Gambar 3.1. Mengedit Teks

2.4     Menambahkan Gambar pada KompuZer

Langkah-langkah :
1.      Pada jendela editor yang sudah terbuka, letakkan kursor di tempat yang akan dimasukkan file gambar.
2.      Kilk Insert | Image, maka muncul kotk dialog Image Properties. Tentukan file gambar yang akan dimasukkan. Pada kolom Alternate text, isi dengan teks yang ingin kita tampilkan. Alternate text ini berfungsi untuk menampilkan teks di layar browser jika browser tsb tidak mendukung file gambar yang kita masukkan tadi.
3.      Masih di kotak dialog yang sama, kita juga bisa mengatur ukuran dan tampilan file tsb.
Gambar 4.1. Kotak Dialog editor gambar

2.5    Menambah Sebuah Link
Agar pengunjung web kita dapat mengakses halaman tersebut, kita perlu menambahkan link ke halaman tersebut. Dan Link inilah sebenarnya yang membuat suatu web begitu pesat perkembangannya, dan tentunya sangat bermanfaat bagi kita semua.
Langkah-langkah:
1. Blok teks atau gambar yang ingin kita sisipkan link.
2. a. Klik Insert | Link, atau
    b. Klik kanan | Create Link, lalu muncul kotak dialog Link Properties.
3. Isi nama link yang ingin dihubungkan dengan teks tsb.
4. Klik OK
5. Maka teks tadi akan diberi garis bawah.
Gambar 5.1. Membuat Link


2.6  Membuat Domain Web
          Setelah kita selesai membuat beberapa halaman yang akan ditampilkan di web kita, pasti kita ingin mempublikasikan web tsb agar bisa dilihat oleh pengguna internet di seluruh dunia. Untuk itu kita harus mempunyai domain atau alamat web yang bisa kita dapatkan dengan cara mendaftar ke web server. Ada banyak web server yang tersedia, baik itu yang berbayar maupun yang gratisan.
            Dalam hal ini kami hanya akan menjelaskan cara mendaftar domain di web server gratis. Beberapa penyedia web server gratis diantaranya: free0host.com, 000webhost.com, 0fees.net, dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa anda temukan di internet. Kita akan mencoba salah satunya.
1. Buka web browser lalu ketikkan alamat www.000webhost.com.
2. Klik Sign Up.
3. Isi data-data yang diminta.
4. Klik Create My Account.
Bila berhasil maka kita telah memiliki sebuah domain sendiri, yang nantinya akan menampilkan halaman yang telah kita buat dengan KompoZer. Sebelum bisa digunakan, web server tsb akan mengirim link verifikasi ke alamat email yang tadi kita isikan di form pendaftaran. Kita tinggal mengklik link tsb, maka domain kita sudah bisa digunakan.
2.7  Mengupload Halaman Lewat Web Server
            Setelah kita mempunyai domain, maka langkah selanjutnya adalah mengupload file yang telah kita buat ke folder yang ada di web server. Ada beberapa web server yang meminta kita untuk mentransfer filenya ke folder www, ada juga yang menggunakan folder public_html sebagai tempat penyimpanan file di web servernya. Kita bisa mengupload file dari web server tsb, atau juga dengan cara menggunakan software FTP Client.
Langkah-langkah mengupload halaman lewat web server :
   1. Buka alamat web server www.000webhost.com.
   2. Masukkan alamat email dan password untuk login.
   3. Klik  go to cpanel.
   4. Disitu ada beberapa pengaturan untuk domain kita, klik File Manager.
   5. Klik folder public_html.
   6. Klik Upload, pilih file yang akan kita upload.
   7. Setelah selesai, coba anda menuju ke alamat web anda dan lihat hasilnya.
2.8  Mengupload File menggunakan FileZilla
            Selain lewat web servernya langsung, kita juga bisa mengupload file menggunakan software FTP Client seperti FileZilla, SmartFTP, dll. Pada kesempatan ini software yang kita gunakan adalah FileZilla. Freeware ini bisa di download di alamat ini : http://filezilla-project.org/download.php?type=client
Setelah FileZilla selesai kita install, kita bisa memulai langkah-langkah dalam mengupload file ke web server, sbb:
1. Buka FileZilla.
2. Isikan kolom Host dengan nama domain kita.
3. Isikan kolom Username dan Password.
4. Klik Quickconnect supaya terhubung dengan web server.
5. Klik folder public_html.
6. Klik kanan pada file terpilih, lalu klik upload.
7. Setelah selesai, coba anda menuju ke alamat web anda dan lihat hasilnya.



BAB IV
PENUTUP

A. Tujuan
            Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memahami dan menambah wawasan tentang tata cara pembuatan sebuah web. Meskipun hasilnya masih sangat sederhana, akan tetapi di masa depan nanti kami berharap dan berusaha untuk bisa menjadi seorang Web Designer yang handal dan terpercaya. Pengetahuan yang kami dapat ini mudah-mudahan bisa kami terapkan dalam kehidupan berteknologi di masa yang akan dating.
Dan bila memungkinkan, dengan keahlian kami di bidang web design ini nantinya kami ingin menciptakan lapangan kerja baru, bukannya mencari pekerjaan lagi. Sehingga, setidaknya bisa sedikit mengurangi beban pemerintah kita. Semoga.
B. Kesimpulan
            Setelah dicoba membuat desain web menggunakan software KompoZer, ternyata tidaklah sesulit yang kita bayangkan selama ini. Bagi para pemula yang baru belajar pun bisa membuat tampilan web sesuai dengan yang diinginkan. Dan dalam pembuatan webnya pun kita tidak mesti menguasai script HTML ataupu PHP yang begitu kompleks. Tapi, meskipun demikian bila kita ingin menjadi seorang webmaster maka bahasa-bahasa pemrograman web tersebut harus kita kuasai juga.
C.  Saran
Jika ada sebuah software yang sangat mudah kita gunakan untuk membuat web mengapa kita harus menggunakan software yang susah.Softwere KompoZer sudah menyediakan banyak fasilitas yang menurut kami sangat mewah dan semua itu tergantung dari kita masing-masing bagaimana kita mau mengolah atau membuat sebuah web itu sendiri,karena apapun software yang kita gunakan jika kita tidak bisa mendesain web itu maka penampilan web itu juga tidak akan menarik.

D.  Referensi
1.      Prothelon.com, Cara Membuat Website.
2.      Thesitewzard.com, KompoZer Tutorial.
3.      KompoZer.net
4.      anneahira.com

disisfew.hostzi.com