Monday, April 23, 2012

Mengatasi Kejenuhan

Sahabat pengunjung, ada banyak orang yang gampang bosan dan lalu mengalami kejenuhan ketika melakukan sestuatu atau hal tertentu. Ada banyak sekali orang yang bersungut-sungut ketika mereka sedang menunaikan tanggung jawab tertentu, entah itu belajar, tugas organisai kesiswaan, ataupun kegiatan lainnya. Perasaan bosan, apalagi kejenuhan dalam melayani ataupun memenuhi setiap tanggung jawab yang diberikan untuk kita, yang meskipun dapat kita pahami, namun memberi dampak negatif yang sangat segnifikan pada hasilnya. Maksud saya adalah pelayanan ataupun kegiatan belajar yang kita jalani atau apapun itu dalam perasaan bosan dan jenuh tidak dapat memberikan hasil yang optimal. Energi yang dicurahkan, waktu yang dihabiskan,tidak memberikan hasil yang setara pada apa yang sudah kita kerjakan.

Supaya Hasilnya lebih Optimal, maka kita perlu menjalankan aktivitas melayani atau belajar ataupun yang lainnya itu dengan keadaan kita yang sangat gembira. Kita perlu menyenangi pelayanan, kegiatan belajar, atau aktivitas lain yang hendak kita lakukan. Perasaan senang pada aktivitas serta kegembiraan yang ditimbulkan olehnya kan memberikan pengaruh pada hasil yang kita capai, Sebab kegembiraan itu membuat kita mampu mengerahkan potensi yang terbaik dari yang kita miliki dalam menjalani aktivitas tersebut.

Namun rasa senang ataupun kegembiran tersebut tidak saja cukup. Sebab pelayanan atau pekerjaan ataupun kegiatan apapun yang selalu didasarkan pada kesenangan, tanpa disertai kesadaran  akan panggilan Tuhan, pasti gampang menimbulkan kebosanan. Kebosanan dalam pelayanan ataupun belajar ataupun dalam melaksanakan aktivitas lainnya hanya dapata diatasi apabila kita menyadari bahwa pelayaan yang sedang kita jalani, aktivitas belajar yang sedang kita tempuh, semua itu adalah Panggilan Unik dari tuhan untuk kita. Kesadaran akan panggilan inilah yang membuat kita tetap bersemangat dalam melayani dan menjalankan aktivitas lainnya.
*Selalu bersemangat dan sadar akan setiap apa yang kita dapat lakukan didunia ini semuanya datang dari Tuhan,jangan pernah mengandalkan kekuatan sendiri*